Cara merawat HP

Handphone atau HP merupakan benda wajib bagi setiap orang. Jika HP mengalami masalah atau bahkan kerusakan yang lebih parah, aktivitasmu pasti terganggu. Untuk itu, kamu perlu menerapkan cara merawat HP agar tidak cepat rusak berikut ini.

Beberapa orang yang memang hobi mengupgrade ponselnya setiap ada rilis seri terbaru. Akan tetapi, ada juga yang betah berlama-lama dengan HP yang digunakannya sekarang. Karena itu, perlu sekali untuk selalu memperhatikan perawatan HP setiap saat. 

Langsung saja yuk kita bahas bagaimana cara merawat HP agar tidak cepat rusak berikut. Jangan lupa untuk melakukannya ya!

Cara Merawat Hp Agar Awet

1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai 

Untuk menghemat daya baterai ponsel, sebaiknya untuk mengosongkan ruang dengan cara menghapus aplikasi-aplikasi yang jarang dipakai. Hal ini perlu untuk diperhatikan karena terkadang ada aplikasi yang secara tidak sadar terpasang di ponsel. Untuk itu, seringlah mengecek aplikasi yang ada dan hapus apabila jarang atau tidak terpakai. 

2. Menggunakan Charger Original

Bukan rahasia lagi bahwa pengisian daya baterai juga dipengaruhi oleh kualitas charger yang dipakai. Dengan charger original yang sesuai dengan standar HP-mu maka arus pengisian daya lebih stabil. 

Perlu diperhatikan bahwa charger original ini mencakup kepala charger beserta kabel datanya. Ini penting karena sering kali kita membeli kabel data sendiri yang kualitasnya sangat diragukan. 

3. Jaga Suhu Ponsel

Cara merawat HP selanjutnya adalah dengan menjaga suhu ponsel. Setiap ponsel memiliki ketahanan pada rentang suhu tertentu. Sebaiknya, hindari ponsel dari cuaca ekstrim. 

Hindari penggunaan ponsel yang berlebihan dan menyebabkan overheating. Jika sampai ini terjadi, ponsel akan nge-lag dan kamu perlu untuk diamkan beberapa saat.

4. Home Screen Yang Simple

Untuk merawat HP juga bisa dilakukan dengan cara menghindari penggunaan fitur animasi bergerak (live motion and gesture) di layar beranda. Jika ini bisa kamu lakukan maka baterai bisa dihemat karena fitur tersebut sangat menguras daya. 

5. Membersihkan Cache

Sepertinya, langkah ini sudah banyak dilakukan oleh pengguna smartphone. Membersihkan cache dapat membebaskan ruang dari file sampah. Clear cache sebaiknya dilakukan secara rutin untuk membantu mengoptimalkan kinerja baterai sehingga baterai akan lebih awet.

6. Update Operating System (OS) dan Aplikasi

Hal yang kadang malas untuk dilakukan pengguna smartphone adalah mengupdate aplikasi dan software. Padahal, dengan memperbaharuinya akan memperbaiki kinerja HP sehingga lebih optimal dibandingkan dengan menggunakan versi lama. 

7. Membersihkan Port Charger

Karena sifat HP yang fleksibel, benda satu ini sering dibawa kemanapun kita pergi. Hal ini membuat HP menjadi cepat kotor terutama pada bagian vital seperti lubang charger. 

Kotoran dan debu yang menempel pada HP akan mengakibatkan perangkat HP menjadi cepat panas. Untuk itu, disarankan untuk membersihkan lubang charger, audio jack, dan seluruh bagian luar HP. Jangan lupa untuk menggunakan screen protector untuk melindungi layar LCD HP.

Sebenarnya, untuk membersihkan HP bisa menggunakan kain atau jenis lap apa pun, tetapi untuk hasil yang maksimal gunakanlah kain microfiber untuk bagian layar dan cotton bud untuk bagian lubang charger. 

8. Biarkan HP Saat Sedang Diisi Daya

Cara merawat HP yang terakhir adalah dengan membiarkan HP saat sedang mengisi daya. Jangan menggunakan HP terlalu lama saat sedang di-charge, apalagi untuk bermain games. Jika kamu bermain games saat HP sedang diisi daya, maka beban daya baterai akan membesar dan menyebabkannya menjadi cepat drop.