Jaringan VPN

Apa Itu Jaringan VPN Dan Legalkah Untuk Digunakan? Saat ini, penggunaan jaringan VPN sudah banyak menjadi alternatif solusi ketika ada pembatasan akses suatu website, aplikasi, atau konten di internet. Bukan hal yang diragukan lagi jika VPN ini memang terbukti bisa memenuhi keinginan sekaligus keamanan dari pengguna internet di berbagai belahan dunia.

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi yang ada saat ini juga semakin canggih. Namun, hebatnya teknologi juga bagai pisau bermata dua. Hal ini karena kemudahan pertukaran informasi juga diiringi dengan masalah keamanan yang diragukan.

Kebocoran data ketika menggunakan server biasa atau jaringan publik bisa sangat mudah terjadi karena ulah hacker. Mereka bisa saja mengetahui informasi detail dari data yang dipertukarkan. Kebayakan dari hacker melakukan penyerangan online menggunakan Teknik MITM atau Man in The Middle di tengah proses transfer data.

Lalu, apa sebenarnya jaringan VPN yang dikatakan dapat menjadi solusi untuk mengatasi kebocoran data dan pembatasan akses suatu website dan aplikasi itu? Yuk kita bahas di sini!

Apa Itu VPN?

VPN atau Virtual Privat Network merupakan suatu layanan koneksi yang memberikan kemudahan akses ke website atau aplikasi yang dibatasi dengan aman dan privat melalui pengubahan jalur koneksi server sehingga pertukaran data yang terjadi bisa disembunyikan. Hal inilah yang menjadi kesulitan bagi hacker untuk mengetahui data yang kita pertukarkan.

Dengan menggunakan jaringan VPN, koneksi smartphone, PC, ataupun tablet yang kamu gunakan dialihkan ke komputer yang biasa disebut sebagai VPN server di suatu tempat dan mengizinkan device menjelajah internet menggunakan jaringan internet komputer tersebut.

Jika kamu terbatas untuk mengakses website, aplikasi, ataupun konten dari internet karena lokasi, kamu bisa menggunakan VPN suatu server yang berada di negara yang diizinkan.

Legalitas VPN di Indonesia

Pemakaian VPN di berbagai negara sudah banyak dilegalkan. Akan tetapi, bagaimana jika di Indonesia?
Sebenarnya, legal atau tidaknya penggunaan VPN di Indonesia bergantung pada tujuan pengunaannya. Jika kita gunakan untuk hal yang positif maka itu dilegalkan.

Akan tetapi, jika kita menggunakan VPN untuk mengakses situs yang diblokir pemerintah yang tertuang dalam Undang-Undang kementerian Komunikasi dan Informatika Nomor 19 Tahun 2014 maka hal itu ilegal. Pemblokiran oleh Pemerintah itu terkait pornografi dan hal ilegal lainnya.

Apa Saja Manfaat VPN?

VPN banyak dimanfaatkan pengguna dari mulai untuk urusan pekerjaan hingga kebutuhan hiburan semata.

Di dunia pekerjaan, jika kita mengakses internet dari luar kantor, kita tetap bisa terdeteksi menggunakan jaringan kantor dengan menggunakan VPN selama terhubung ke internet. Sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan aman dimanapun.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang kita rasakan dengan menggunakan jaringan VPN antara lain:

1. Mempercepat Proses Download

Saat kita menggunakan VPN, artinya transfer data akan melewati “terowongan khusus” yang berbeda dengan jaringan utama sehingga dapat dikatakan akan minim intervensi dari jaringan publik lainnya.

2. Mengubah Alamat IP

Penggunaan koneksi server komputer di suatu negara dapat mengatasi geolocation block atau blocking pada situs di wilayah tertentu yang menyebabkan kita tidak bisa membukanya. Dengan menggunakan VPN ke negara yang diizinkan maka hal ini bisa diatasi.

Pengubahan koneksi server yang kita pakai juga akan mengubah alamat IP atau IP Address untuk kepentingan keamanan.

3. Efektivitas Biaya

Penggunaan VPN dapat menghemat biaya jika dibandingkan saat kita harus berinvestasi server komputer yang ada di berbagai negara karena memerlukan biaya tambahan seperti biaya perawatan, sewa, dan lain sebagainya.