Menjadi Blogger Profesional

Bagaimana langkah untuk menjadi blogger profesional dengan banyak pengunjung? Ternyata bukan hanya sekadar membuat tulisan saja lho! Yuk cari tahu.

Ingin Menjadi Blogger Profesional? Ini Dia Kiat Suksesnya!

Menjadi seorang blogger merupakan salah satu pilihan yang tepat sebagai usaha sampingan untuk menambah penghasilan. Bukan hanya keuntungan secara materi tetapi menulis konten memiliki banyak manfaat lainnya. Di sini, kita akan membahas sedikit kiat sukses menjadi blogger profesional yang bisa kamu jadikan acuan.

Mungkin beberapa orang berpikir bahwa menjadi seorang blogger hanya perlu membuat blog dan menulis konten. Memang hal itu tidak salah, tetapi untuk menjadi blogger profesional tidak hanya perlu dua hal itu saja.

Beberapa hal berikut bisa kamu terapkan untuk membuat blog yang sukses. Cara ini bisa kamu terapkan baik saat mulai membuat blog ataupun saat mengembangkan blog yang sudah ada.

Tips Menjadi Blogger Profesional

1. Memperbaiki Skill Menulis

Merupakan hal dasar bahwa untuk menulis konten memerlukan keterampilan menulis yang cakap dan mumpuni. Ini bertujuan untuk membantu pembaca dalam memahami pesan yang kita sampaikan dalam tulisan.

Sangat disayangkan jika informasi menarik dan berguna yang kita buat tidak bisa tersampaikan dengan baik kepada pembaca karena keterbatasan keterampilan menulis yang kita miliki.

Segala tulisan kita harus mempertimbangkan semua kalangan pembaca dengan tingkat pemahaman yang tentu berbeda-beda. Untuk itu, hindari bahasa yang berbelit-belit, kesalahan tanda baca, dan kalimat yang terlalu panjang.

2. Banyak Membaca

Menjadi seorang blogger profesional juga memerlukan wawasan yang luas. Jadi, usahakan untuk selalu mencari informasi terbaru dari berbagai sumber yang valid untuk menjadi bahan membuat tulisan.

Untuk memudahkan, kamu bisa mencari teman atau komunitas yang sering melakukan diskusi dan sharing pengalaman dan pengetahuan tentang blogging atau hal lainnya.

Agar memudahkan kamu untuk mendapatkan ide menulis, catatlah ide itu saat muncul. Ini karena ide bisa muncul kapan saja bahkan saat melakukan aktivitas lain. Jangan lupa untuk menyusun mind map agar ide yang sudah dicatat bisa dikembangkan dengan lebih rapi dan tertata.

3. Menguasai Skill Pendukung Lainnya

Untuk membantu kamu dalam membangun blog yang sukses, beberapa skill pendukung perlu kamu kuasai. Keterampilan tersebut antara lain:

SEO (Search Engine Optimization). Kemampuan SEO ini sangat penting untuk dikuasai karena bertujuan untuk melakukan optimasi blog agar bisa muncul di halaman utama mesin pencari seperti Google.
Edit foto. Kemampuan edit foto perlu kamu kuasai untuk membuat tampilan blog yang menarik dan memudahkan dalam membuat ilustrasi konten.
Coding. Untuk kemampuan satu ini memang tidak wajib untuk dikuasai. Akan tetapi, jika kamu bisa coding, keamanan dan performa dari blog kamu bisa dikendalikan.

4. Atur Waktu dengan Baik

Pekerjaan apa pun memerlukan keterampilan time management yang baik. Apalagi jika kamu membangun blog di samping melakukan pekerjaan utama.

Cari waktu yang kamu rasa cocok untuk membuat konten dan menulis artikel, apakah itu di pagi, siang, sore, ataupun malam hari. Kamu juga bisa menerapkan teknik pomodoro yaitu dengan menggunakan 30 menit untuk menulis dan 5 menit untuk istirahat (lama waktu bisa disesuaikan). Lakukan hal ini secara berulang agar tetap fokus.

5. Bangun Hubungan Baik dengan Pengunjung Blog

Untuk menjadi blogger profesional, kamu perlu membangun hubungan baik dengan pengunjung blog. Komunikasi dengan audiens ini bisa kamu lakukan melalui kolom komentar.

Luangkan waktu untuk membaca dan membalas komentar, kritik, pertanyaan, dan masukan dari pengunjung. Kamu tidak perlu untuk merespon semua komentar jika itu memang dianggap spam. Jangan lupa untuk membalasnya dengan sopan dan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami.