Tuesday, January 24, 2023

Daftar Buah Tropis Indonesia dan Manfaat untuk Kesehatan

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Get Link
Congrats! Link is Generated

Banyak buah tropis dengan berbagai rasa dan bentuk menjadi salah satu kekayaan Indonesia yang perlu untuk dibanggakan. Bagaimana tidak, buah-buahan tersebut bahkan tidak bisa ditemukan di negara lain walaupun mempunyai iklim yang sama.

Kabar baiknya, mereka tidak hanya menawarkan rasa yang lezat saja, tetapi juga manfaat bagi kesehatan. Penasaran dengan daftar buah beserta manfaatnya? Mari cari tahu informasinya di bawah ini!

Daftar Buah Tropis Indonesia dan Manfaat untuk Kesehatan

Daftar Buah Tropis Asal Indonesia

Ada banyak sekali buah jenis tropis yang wajib Anda coba karena mereka menawarkan rasa super lezat hingga unik sekalipun. Berikut adalah daftar buah khas Indonesia beserta manfaatnya, antara lain:

1. Ciplukan

Buah ini sudah cukup sulit untuk ditemukan dan sekalinya ada, mereka sudah terpajang di supermarket dengan harga yang lumayan mahal. Ciplukan sendiri berupa buah berbentuk bulat kecil yang rasanya manis asam.

Tidak hanya buahnya saja, semua bagian tanaman ini, mulai dari akar, daun, hingga batang mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan. Beberapa manfaatnya, seperti menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati diabetes, hingga menurunkan kadar gula darah.

2. Durian

Menjadi salah satu buah asal Indonesia yang paling terkenal dan digemari oleh masyarakat dunia. ini dikarenakan durian mempunyai cita rasa yang lezat dan unik.

Walaupun ada banyak orang yang tidak disarankan untuk mengonsumsi durian secara berlebihan karena bisa meningkatkan kadar gula darah hingga menyebabkan obesitas, tetapi buah ini juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Beberapa manfaatnya, yaitu sebagai penangkal depresi, menjadikan kulit lebih awet muda, mengatasi anemia, nutrisi bagi tulang dan gigi, hingga mencegah penyakit kanker.

3. Rambutan

Salah satu jenis buah asal Indonesia yang menawarkan rasa manis dan bentuk cukup unik, yaitu kulitnya mempunyai “rambut”. Ketika sudah matang, kulit rambutan akan berubah menjadi merah dan daging buahnya berwarna putih bening.

Rasanya yang lezat itu ternyata bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, termasuk mengobati sembelit, menjaga kesehatan tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meredakan kram otot, menjaga kesehatan jantung, hingga melawan infeksi.

4. Jambu Air

Sama dengan namanya, jambu air kaya akan kandungan air dan menawarkan cita rasa yang menyegarkan. Selain itu, buah asli Indonesia ini juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sejumlah manfaatnya, seperti menjaga sistem imunitas tubuh, mengendalikan gula darah, sebagai sumber zat besi, mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol, menangkal radikan bebas, menghidrasi tubuh, hingga sebagai detoksifikasi.

Selain itu, masih ada banyak lagi buah lainnya yang tidak kalah lezat dan mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Jadi, buah tropis mana nih yang menjadi favorit Anda?

0 komentar

Post a Comment