Friday, February 10, 2023

Apa Saja Manfaat Kardio untuk Kesehatan? Ini Jawabannya!

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Get Link
Congrats! Link is Generated

Ternyata, ada banyak manfaat kardio yang bisa Anda dapatkan jika melakukannya secara rutin sembari diiringi mengonsumsi makanan sehat dan pola hidup sehat. Kabar baiknya, kardio sendiri bisa dilakukan di rumah tanpa menggunakan alat apapun.

Jadi, Anda hanya perlu menyiapkan niat dan rekomendasi gerakan melalui video di internet. Mari simak penjelasan secara lengkap di bawah ini jika ingin tahu apa saja manfaat yang akan didapatkan!

Manfaat Kardio

Manfaat Kardio untuk Kesehatan Tubuh


Kardio atau latihan kardiovaskuler adalah olahraga yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan detak jantung. Pada masing-masing zona detak terdapat manfaat yang berbeda hingga zona terakhir untuk pembakaran lemak dalam tubuh.

Olahraga ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja dengan waktu, mulai dari hanya beberapa menit hingga berjam-jam sekalipun. Sangat fleksibel bukan?

Walaupun demikian, jangan anggap remeh olahraga kardio karena ini memberikan banyak manfaat bagi tubuh, antara lain:

1. Menurunkan Tingkat Stres dan Depresi

Kardio bisa menjadikan Anda terasa lebih tenang dan rileks karena melepaskan hormon endorfin yang bekerja untuk mengurangi stres serta meningkatkan mood. Cara plaing mudah yang disarankan sebuah penelitian adalah jalan kaki selama 30 menit secara rutin.

2. Memaksimalkan Kinerja Sistem Imunitas Tubuh

Melakukan latihan kardio secara teratur akan membantu tubuh untuk meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan salah satu komponen utama sistem imunitas atau kekebalan tubuh.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur atau Mencegah Insomnia

Tidur malam yang berkualitas akan memberikan banyak dampak positif bagi tubuh, seperti mengembalikan energi, memperbaiki suasana hati, mengontrol berat badan, meningkatkan daya ingat, hingga meredakan rasa nyeri.

Kabar baiknya, latihan kardio bisa membantu memperbaiki kualitas tidur Anda yang berantakan atau bahkan insomnia.

4. Membakar Lemak dan Menurunkan Berat Badan

Menjadi salah satu olahraga paling efektif untuk membakar kalori dan lemak. Namun, Anda harus melakukan high Intensity Interval Training atau jenis kardio intensitas tinggi karena pembakaran lemak terjadi pada titik detak jantung 87,5 hingga 140 denyut per menit.

Namun, untuk pemula sebaiknya gunakan Low Intensity terlebih dahulu, kemudian perlahan naik ke intensitas yang lebih tinggi agar tidak terjadi cedera.

5. Mengatasi Berbagai Masalah Pada Kulit

Tidak hanya perawatan menggunakan skincare dan ke dokter kulit, tetapi Anda juga bisa mempercantik kulit dengan cara berolahraga secara rutin, termasuk latihan kardio.

Kelenjar keringat yang dihasilkan keluar dari pori-pori kulit ketika berolahraga dan itu akan membantu menghilangkan kotoran, sehingga nampak lebih bersih berseri. Selain itu, kardio juga bisa menghilangkan jerawat yang membandel.

Latihan kardio memberikan banyak manfaat yang lengkap bagi tubuh, mulai dari untuk sistem imun, kualitas tidur, hingga kecantikan kulit sekalipun. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk mendapatkan semua manfaat kardio tersebut?

0 komentar

Post a Comment