Monday, July 31, 2023

Buah-buahan Rendah Gula yang Cocok Dikonsumsi Saat Diet

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Get Link
Congrats! Link is Generated

Diet tidak bisa berjalan hanya dengan mengurangi porsi makan, melainkan juga mengonsumsi makanan atau camilan bergizi, seperti buah-buahan rendah gula. Ini karena gula sendiri memiliki kontribusi yang cukup besar dalam proses penurunan berat badan.

Buah rendah gula biasanya juga rendah kalori dan cenderung kaya akan serat sehingga membantu Anda bisa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, daftar buah di bawah ini sepertinya cocok untuk Anda baca sampai akhir, yaitu:

1. Buah Beri

Beberapa buah beri yang mempunyai kandungan rendah gula, yaitu stroberi, blackberry, hingga rasberry. Mereka hanya mengandung sekitar 4 – 5 gram gula per 100 gram sajian. Selain itu, ada juga kandungan antioksidan dan vitamin C yang baik bagi kesehatan tubuh.

Buah Beri
2. Alpukat

Tidak hanya sebagai buah tinggi lemak baik yang dikenal cocok untuk program menaikkan berat badan, tetapi alpukat sendiri rendah akan kandungan gula. Rata-rata alpukat hanya menghasilkan 1 gram gula dalam ukuran buah sedang.

Alpukat
Tingginya serat dalam buah ini juga bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh, termasuk melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata, mengontrol tekanan darah, hingga meningkatkan kesehatan jantung.

3. Semangka

Buah yang dikenal kaya akan kandungan air sebanyak 90% yang sangat menyegarkan jika dikonsumsi saat cuaca sedang terik. Kabar baiknya, semangka sendiri termasuk dalam golongan buah-buahan rendah gula yang baik untuk program diet Anda.

Semangka
Kandungan gula dalam buah ini, yaitu kurang lebih 6 gram setiap 100 gram sajian. Selain itu, adapun kandungan lain, seperti antioksidan, antihiperglikemia, dan anti inflamasi yang baik untuk kesehatan tubuh.

4. Jeruk Bali

Salah satu jenis buah jeruk yang rendah gula, yaitu sekitar 6 – 7 gram dalam 100 gram sajian. Rasa jeruk bali sendiri memang cenderung lebih tawar dibandingkan jeruk lainnya. Walaupun begitu, jeruk ini mengandung banyak gizi, seperti magnesium, vitamin C, hingga serat.

Jeruk Bali
5. Lemon

Jika dibandingkan dengan jeruk, lemon adalah buah yang mengandung sedikit gula, yaitu sekitar 1 – 2 gram per buah berukuran sedang. Oleh sebab itu, lemon cocok untuk dijadikan sebagai campuran dalam minuman diet untuk membantu menjaga tetap kenyang.

Lemon
Walaupun mempunyai kandungan gula rendah, tetapi Anda tetap harus memastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang seimbang. Ini karena segala sesuatu yang berlebihan hasilnya pasti tidak baik.

Perlu diketahui bahwa diet sendiri tidak hanya bergantung pada buah-buahan rendah gula apa yang Anda konsumsi, melainkan juga pola hidup sehat, pola tidur, hingga pola minum.

Referensi:
10 Buah Rendah Gula yang Baik untuk Kesehatan - Hello Sehat
Gula Dalam Buah, Bahaya Atau Tidak Bagi Kesehatan? - Hello Sehat

0 komentar

Post a Comment