Wednesday, August 2, 2023

Ini Dia 5 Tips Memilih Buah-buahan yang Segar dan Berkualitas

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Get Link
Congrats! Link is Generated

Anda wajib memahami tips memilih buah-buahan berkualitas jika sudah tidak ingin mendapatkan buah yang busuk dan tidak bisa dikonsumsi. Berita baiknya, artikel ini akan membahas 5 tips mudah yang bisa diaplikasikan ketika sedang pergi ke toko buah.

Ini Dia 5 Tips Memilih Buah-buahan yang Segar dan Berkualitas
Memang sebagian besar jenis buah tidak bisa bertahan lama dan harus disimpan di tempat yang sesuai. Oleh sebab itu, berikut adalah beberapa hal umum yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Perhatikan Bagaimana Tampilan Fisik Buah

Pepatah yang berkata jangan melihat sesuatu hanya dari sampulnya, rasanya kurang manjur jika diaplikasikan dalam pemilihan buah. Ini karena tampilan kulit buah bisa menjadi penentu kualitas buah itu sendiri.

Jadi, perhatikan tampilan fisiknya yang meliputi apakah kulitnya terlihat bagus, cerah, mulus, mengilap, dan bebas dari kerusakan maupun bercak cokelat. Sebaiknya hindarilah buah yang berwarna kusam dan layu karena itu adalah tanda-tanda busuk.

2. Sentuh dan Rasakan Tekstur Buah

Selanjutnya, sentuh atau raba buah untuk memastikan bahwa teksturnya masih baik, tidak terlalu keras atau terlalu lembek. Jika masih terlalu keras, maka buah berarti belum matang. Begitu pula jika terlalu lembek, bisa jadi buah sudah terlalu matang atau bahkan busuk.

Buah yang matang dengan baik seharusnya jika diberikan sedikit tekanan tidak akan hancur dan ada pula yang kembali ke bentuk semula setelah disentuh.

3. Cium Aroma atau Wangi Buah

Sebagian besar buah menghasilkan aroma yang khas, wangi, dan menyegarkan. Mencium aromanya bisa dijadikan patokan apakah buah sudah matang atau belum. Oleh karenanya, tips memilih buah-buahan berkualitas adalah pilih yang beraroma wangi dan manis.

4. Perhatikan Ukuran dan Berat Buah

Ukuran buah memang tidak selalu menentukan apakah mereka berkualitas baik atau tidak. Walaupun demikian, ukuran dan berat yang ideal menjadi salah satu pilihan terbaik. Ideal sendiri berarti tidak terlalu kecil maupun terlalu besar.

Namun, buah berkualitas tinggi biasanya terasa cukup berat karena sudah matang dan mengandung banyak air serta nutrisi baik. Jadi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu ukuran umum pada setiap buah favorit Anda.

5. Hindari Bekas Cairan Pada Buah

Jika buah masih belum dibuka tetapi sudah ada bekas cairan di sekitar atau di dalam kemasannya, maka itu bisa dikarenakan buah sudah busuk. Namun, tidak semua cairan berarti busuk karena bisa saja karena buah pecah atau cairan lainnya.

Maka dari itu, perhatikan dengan jeli cairan tersebut dan cium aromanya. Walaupun demikian, alangkah lebih baik jika Anda memilih buah yang masih segar dan bersih.

Buah-buahan perlu dikonsumsi oleh semua orang karena mengandung banyak nutrisi baik bagi tubuh, mulai dari serat hingga berbagai jenis vitamin. Oleh karena itu, Anda perlu segera mengaplikasikan tips memilih buah-buahan di atas untuk mendapatkan semua khasiatnya!

Referensi:
Hindari Busuk, Ini 7 Tips Memilih Buah-buahan Segar dan Matang | Resep Masakan, Artikel, News dan Promo (sayurbox.com)
7 Cara Mudah Memilih Buah-Buahan Segar dan Matang sebelum Membeli (rukita.co)

0 komentar

Post a Comment