Friday, February 10, 2023

Keunggulan Olahraga Renang Bagi Kesehatan Tubuh

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Get Link
Congrats! Link is Generated

Salah satu olahraga yang aktivitasnya di air dengan menggerakkan tangan serta kaki adalah renang serta keunggulan olahraga renang baik bagi kesehatan tubuh. Ada 4 jenis gaya atau teknik berenang. Pertama, renang gaya katak atau teknik dada.

Kedua, renang gaya bebas yang paling mudah untuk dipraktikkan. Ketiga, renang gaya punggung dengan posisi wajah serta badan bagian atas menghadap ke arah atas. Keempat, renang gaya kupu-kupu dengan gerakkan 2 tangan seperti kupu-kupu.

Keunggulan Olahraga Renang

Keunggulan Olahraga Renang untuk Kesehatan


Ada beberapa keunggulan dari olahraga renang. Pertama untuk menghilangkan penyakit bernama insomnia.

1. Menghilangkan Penyakit Bernama Insomnia

Gangguan pada tidur yang terjadi saat seseorang mengalami kesulitan untuk tidur yakni insomnia. Ada beragam dari penyebab terjadinya insomnia ini. Diantaranya, mengingat peristiwa yang membuat trauma, mengalami stress.

Penyebab lainnya, kebiasaan tidur berubah, mengonsumsi obat tertentu, hingga mengalami jet lag. Ada beberapa gejala yang dialami oleh penderitanya seperti kesulitan merasakan ngantuk, merasa lelah, serta sulit konsentrasi.

Selain itu, tidak dapat tidur kembali saat bangun malam hari, merasa emosional, serta tidak dapat tidur siang. Olahraga renang membuat tubuh terasa lebih bugar. Jika rutin berolahraga jenis ini, kualitas tidur seseorang menjadi meningkat.

2. Menghilangkan Penyakit Saraf Kejepit

Keunggulan dari olahraga renang yaitu penyakit saraf kejepit menjadi hilang. Saraf kejepit membuat tubuh menjadi kebas hingga nyeri. Hal ini membuat aktivitas yang akan dikerjakan menjadi terhambat.

Ada beragam gejala umum yang dirasakan oleh penderita. Diantaranya merasa nyeri, kesemutan, muncul rasa terbakar serta kebas di kulit, mati rasa pada tangan atau kaki, otot menjadi lemah, hingga tidak bisa merasa sensasi serta sentuhan pada kulit.

Jika saraf kejepit dibiarkan akan membuat aktivitas terhambat. Pengidapnya tidak dapat beraktivitas lebih banyak. Olahraga renang bisa menghilangkan penyakit ini.

Gerakan yang ada dalam olahraga renang bisa mengatasi penyakit ini. Gerakan olahraga ini bisa membuat otot punggung serta tulang belakang mnejadi lebih rileks. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi pada dokter atau pelatih.

3. Membentuk Massa Pada Otot

Keunggulan dalam olahraga selanjutnya yaitu membentuk massa pada otot tubuh. Massa otot menunjukkan jumlah otot yang ada di dalam tubuh.

Dalam gerakan yang ada pada olahraga renang, hampir seluruh otot tubuh bergerak dengan melawan tekanan di air. Hal ini membuat kelenturan serta kekuatan pada otot tubuh menjadi lebih terlatih.

Setelah massa otot ini terbentuk, pertahankan dengan beberapa hal. Diantaranya, mengonsumsi makanan berprotein, latihan beban, memperhatihan jumlah kalori yang dimakan, tidur cukup, hingga asupan karbohidrat dikurangi.

Renang juga merupakan olahraga yang paling diminati oleh banyak orang. Salah satu alasannya karena keunggulan olahraga renang yang beragam.

0 komentar

Post a Comment